Sukses

Cepat Lelah apakah penyebabnya?

04 Jun 2016, 10:40 WIB
Wanita, 0 tahun.
Halo dok, perkenalkan nama saya susi susana usia saya baru 19 tahun, beberapa bulan terakhir saya sering mengalami sakit kepala, gampang terserang lelah, sesaat kadang mata terlihat kabur seperti, saya juga jadi sering lupa terhadap sesuatu dan ketika ingin mengingat/menghafal sesuatu ko serasa semakin susah sekali , mohon penjelasan nya dok, gejala penyakit apa yg saya rasakan ? Terimakasih.

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Gejala yang Anda sebutkan mengarah kepada gejala-gejala penyakit Anemia, berikut beberapa gejala anemia 

  1. Kulit Pucat Coba cek warna gusi, bagian dalam bibir atau bagian dalam kelopak mata bawah Anda. Jika warnanya lebih pucat dari normal, bisa jadi itu gejala anemia. Ini terjadi jika Anda kekurangan hemoglobin yang menciptakan warna merah pada darah.  
  2. Nafas Pendek?pendek Meski telah menarik nafas dalam?dalam, jika kadar oksigen dalam darah Anda jumlahnya dibawah normal, Anda akan tetap merasa seperti kehabisan nafas. Waspadailah jika Anda sering kehabisan nafas ketika melakukan akktivitas sehari?hari seperti naik tangga atau olahraga ringan.
  3. Cepat Merasa Lelah Gejala ini paling sering dialami, namun juga sering dianggap remeh. Biasanya orang sering menganggap kelelahan sebagai akibat dari kurang istirahat atau kurang tidur. Anda patut khawatir jika rasa lelah ini juga disertai dengan lemas, sulit konsentrasi, cepat bad mood.
  4. Detak Jantung Lebih Kencang Jantung yang bekerja lebih keras dari biasanya dapat mengakibatkan detak jantung yang tidak normal, bunyi detaknya lebih kencang, pembengkakan atau bahkan gagal jantung. Jika ini terjadi, kemungkinan Anda sudah lama menderita anemia akibat kekurangan zat besi. Namun jika Anda memang memiliki sejarah penyakit jantung, segeralah cek kadar zat besi dalam darah Anda, karena kekurangan zat besi juga dapat mempengaruhi masalah jantung.
  5. Sakit Kepala Tubuh yang mengalami Anemia akan memprioritaskan asupan oksigen ke otak ketimbang sel?sel lain dalam tubuh. Meski begitu, asupan oksigen yang diterima otak pun jumlahnya kurang dari normal, sehingga pembuluh darah pada otak dapat membengkak dan mengakibatkan sakit kepala, pusing atau keleyengan. 

Namun untuk memastikan apakah Anda menderita anemia atau tidak harus dilakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu. Anda disebut menderita Anemia jika memiliki kadar Hb dibawah normal (setiap lab mempunyai standar masing-masing), biasanya kadar Hb Anda dibawah 11.0.

Jika Anda menderita Anemia mulailah konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti susu, sayur, maupun suplemen penambah darah

Selain itu imbangi dengan asupan tinggi protein untuk mempercepat meningkatnya hemoglobin darah. Namun untuk mengetahui lebih lanjut mengenai permasalahan kesehatan Anda sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian yang dapat Kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar