Sukses

Hamil Atau Tidak?

01 Jun 2016, 09:14 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat pagi Dokter, saya mau bertanya nich Dokter mengenai kehamilan istri saya. Istri saya kemarin terakhir haid tanggal 15 April 2016, dan sampai hari ini tanggal 1 Mei 2016 dia belum haid. Kami sudah menikah selama 8 bulan dan riwayat telat haid tidak ada pada istri saya. Dua minggu yang lalu istri saya mencoba tes menggunakan test pack, dan hasilnya ada 2 garis merah namun garis yang satu lagi agak kabur. Trus karena penasaran 3 hari lagi dicoba tes lagi menggunakan test pack dan hasilnya sama, namun warna merahnya lebih jelas pada tes yang kedua ini. Tadi malam tanggal 31 Mei 2016 kami mencoba USG ke Dokter kandungan, namun hasilnya adalah janinnya belum kelihatan. Dokter bilang belum hamil, tunggu sampai tanggal 09 Juni kalau belum haid juga makan akan dikeluarkan, gitu kata dokter. Dokter menyuruh kembali lagi tanggal 09 Juni besok. Karena masih penasaran, istri saya semalam habis pulang dari periksa USG kembali membeli test pack dan hasilnya ada 2 garis warna merah yang cukup jelas. Untuk informasi, pada istri saya sudah terdapat tanda-tanda kehamilan seperti payudara agak nyeri ketika tersentuh, perut sakit/keram, namun dia tidak ada morning sickness. Bagaimana pendapat Dokter mengenai hal ini, apa sebaiknya langkah yang kami lakukan? Terimakasih ya Dokter atas jawabannya.
dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Adanya test pack yang positif memang menandakan bahwa tubuh istri Anda memproduksi hormon beta HCG, yaitu hormon yang biasa ditemukan pada wanita hamil (karena dihasilkan oleh plasenta). 

Kemungkinan yang terjadi adalah istri Anda memang benar hamil, sudah terlihat kantong kehamilan pada pemeriksaan USG, namun belum terlihat janin di dalamnya.

Jika usia kehamilan masih kurang dari 5 minggu, memang terkadang masih agak sulit untuk melihat janin di dalam kantong kehamilan tersebut. Yang dimaksudkan oleh dokter adalah, jika sudah lebih dari 7 minggu dan janin masih belum terlihat di dalam kantong kehamilan pada pemeriksaan USG, artinya adalah kehamilan kosong (blighted ovum).

Jika memang benar kehamilan kosong, kantong janin tersebut akan dikeluarkan oleh dokter dengan obat. Apabila masih belum bersih, akan dilakukan tindakan kuret.

Namun demikian, kami sarankan agar Anda menunggu sebentar lagi dan melakukan pemeriksaan USG ulang untuk memastikannya. Apabila Anda dan istri masih belum yakin, Anda dapat mencari second opinion dari dokter kandungan lain.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar