Sukses

AKtivitas Setelah Makan

01 Jun 2016, 06:18 WIB
Wanita, 0 tahun.
Bu dokter,saya mau tanya apa diperbolehkan lngsung beraktivitas setelah makan atau kita diharuskan dlu istrahat sejenak stelah makan trsbut,kalau benar brapa lma waktu nya?trmakasih.
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami ya,

Aktivitas setelah makan cenderung harus diperhatikan pada orang dengan keluhan lambung atau sering disebut awam sakit maag. Aktivitas seperti apa yang Anda maksudkan? Untuk aktivitas ringan bukan berolahraga maka boleh saja dilakukan setelah makan. Ketika Anda berada di dalam posisi duduk atau berdiri, maka gaya gravitasi akan membuat asam lambung tetap di dalam lambung. Tetapi apabila kita dalam posisi telentang, maka asam lambung akan lebih mudah naik ke arah esofagus dan mulut.  Lantas, apa yang dapat dilakukan oleh para pemilik sakit maag untuk mencegah penyakit tersebut muncul di malam hari?

  • Naikkan kepala Anda sekitar 6-8 inci terhadap tempat tidur untuk mencegah asam lambung naik ke arah esofagus.
  • Jangan tidur dalam posisi telentang, terutama apabila Anda mengalami obesitas, karena tekanan yang besar dari perut akan menekan lambung Anda dan memaksa isinya untuk naik ke atas.
  • Jangan tidur dengan posisi miring ke arah kanan. Hal ini akan membuat otot pintu esofagus menjadi lemah sehingga asam lambung akan dengan mudah naik ke atas.
  • Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Sesuai dengan penelitian, posisi ini merupakan posisi terbaik untuk para pemilik sakit  maag.
  • Gunakanlah baju yang longgar/tidak ketat ketika tidur. Pasalnya, baju yang ketat akan menekan lambung sehingga memudahkan asam lambung naik.
  • Janganlah langsung tidur segera setelah makan. Tunggulah sekitar 3-4 jam setelah makan sebelum Anda tidur. Hal tersebut akan memberi kesempatan kepada lambung untuk mencerna makanan sehingga makanan yang Anda konsumsi akan turun ke usus dan membuat kondisi lambung menjadi kosong. Hal ini akan mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung pada saat tidur.
Semoga dapat bermanfaat ya,
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar