Sukses

Achilles tendinitis

01 Jun 2016, 06:10 WIB
Wanita, 0 tahun.
Tumit kiri belakang saya saat ini agak bengkak, seperti meradang dan nyeri. Sebab awalnya 3 bulan lalu terbentur kaki kursi dan keesokan harinya melakukan olahraga bersepeda yg cukup lama, sekitar 6 jam. Dan di pagi harinya belakang tumit nyeri dan agak bengkak sampai sulit untuk menapak. Setelah itu saya lakukan terapi dengan icepack dan mengoleskan trombophob sampai sekitar 1 bulan baru normal, namun sepertinya bengkak tsb tdk hilang total atau spt menjadi bagian tulang tumit, sehingga bila memakai sepatu kulit agak terasa mengganjal. 2 hari yang lalu, setelah sehari sebelumnya bersepeda sebentar, bengkak tsb timbul lagi. Sempat saya periksakan ke dokter, dikatakan bhw ini achilles tendinitis namun di bagian jangkar yg menempel ke tulang tumit. Dan hanya diberikan obat minum. Diagnosanya juga krn saya kurang stretching. Tidak ada ditanyakan ttg sepatu dan lainnya. Pertanyaan saya adalah, apakah yg harus dilakukan untuk menyembuhkan bengkak seperti ini ? Dengan terapi atau hal lainnya yg bukan obat minum. Kalau ada terapi boleh saya dishare tempatnya. Apakah bagian yg seperti tulang mengganjal itu tdk bisa kempes atau kembali normal ? Terimakasih sblmnya
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan website kami untuk berkonsultasi,

Achilles tendinitis merupakan keluhan dimana terjadi nyeri pada tendon Achilles yang terletak pada tumit, suatu ikatan yang mengikat gabungan otot betis, otot betis bagian belakang sampai dengan otot telapak kaki. Keluhan ini banyak dialami oleh olahragawan dan pelari. Biasanya nyeri ini dirasakan di belakang kaki di atas tumit setelah melakukan aktivitas olahraga. Nyeri akan memberat setelah jika diteruskan berolahraga yang banyak menggunakan telapak kaki seperti berlari, memanjat, dan lari cepat. Nyeri dan kekakuan lebih dirasakan pada pagi hari dan akan meningkat dengan aktivitas ringan harian. 

Untuk beberapa terapi yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan beberapa latihan yang dapat dilakukan di rumah. Namun, harus diperhatikan bagaimana kondisi Anda saat ini. Apakah hanya terjadi peradangan atau adakah bagian tendon yang rusak (robek). Untuk itu sebaiknya untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut sebaiknya Anda menghubungi  dokter rehabilitasi medik. 

Semoga dapat bermanfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar