Sukses

Penanganan Kista Ganglion

31 May 2016, 18:21 WIB
Wanita, 0 tahun.
selamat sore dok, saya mau tanya seputar ganglion. dulu saya pernah kena di kaki kiri saya, tapi langsung buru2 di urut ke ahli pijat langsung hilang. nah saya sekarang terkena di pergelangan tangan kanan saya, rasanya pegal sekali sampai ke leher dan pundak kanan saya. kenapa muncul lagi ya? aktifitas saya hanya kuliah, browisng, naik gunung, olahraga. gada aktifitas yang berat-berat banget. kenapa ada lagi ya? apa ada cara tradisionalnya selain operasi/penyedotan cairan? dan bagaimana cara preventifnya? thanks

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Sebelumnya, mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.
 
Penyebab timbulnya kista ganglion belum diketahui secara pasti. Dipercaya disebabkan oleh penggunaan sendi secara berlebihan seperti atlet angkat berat, pramusaji, dan pemain musik (terutama pemain bass). Akantetapi peradangan kronis yang berlangsung pada sendi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kista yang terbentuk ini mengandung cairan yang sama seperti cairan sendi. Kista ganglion bukan merupakan kantung sinovial (sendi) yang keluar dari kapsul sendi.

Pada umumnya kista ganglion tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Tidak terdapat rasa nyeri maupun gangguan pergerakan. Keluhan yang ada lebih kearah kosmetik. Namun, bila sudah memberat dapat pula menimbulkan keluhan nyeri, kesemutan di pergelangan tangan.

Pada kebanyakan kasus, kista akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Jadi pada kista berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala apa-apa, tidak perlu dilakukan tindakan apapun. Namun kista bisa muncul berulang, dan bila ukurannya besar atau mengganggu (baik secara kosmetik atau fungsinya), maka dapat dilakukan pembedahan kecil pada kista tersebut. Karena tidak diketahui pasti penyebabnya, sulit untuk melakukan tindakan pencegahan. Salah satu upaya yang mungkin dilakukan adaalh dengan tidak menggunakan sendi secara berlebihan dan segera melakukan pemeriksaan bila terdapat tanda- tanda iritasi atau peradangan sendi seperti bengkak, nyeri ataz kemerahan.

Alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter guna pemeriksaan fisik secara langsung agar mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu.


Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar