Sukses

Pengobatan TBC

31 May 2016, 17:30 WIB
Wanita, 52 tahun.
selamat sore dokter, ayah saya awalnya batuk biasa, kemudian berdahak hingga 5 bulan, tenggorokan untuk makan atau minum sangat sulit dan sakit sekali. berat badan turun drastis. mulai tanggal 23 mei kemarin opnam 5 hari vonis TBC . waktu opnam sudah diberi antibiotik thidim 4 kali dan streotomichin. hari ini baru kontrol yang pertama. antibiotik yang masih diberikan adalah streptomicin dg metode suntik IM, terhitung mulai pemberian pertama sampai sekarang sudah 8 kali. obat yang sekarang dikonsumsi: inadoxin f 15 buah lancid kap 30 buah pza 30 buah rifampisin 450mg 15 buah streptomycin 15 buah pertanyaan kami: batuk sudah berkurang, keluhan yang masih dirasakan adalah sering mual dan masih sulit menelan. apakah mualnya karena pengaruh obat di atas? makanan apa saja yang tidak boleh? bagaimana saran dari dokter untuk kami? terimakasih atas jawaban dokter. semoga dokter senantiasa berlimpah kebahagiaan

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Sebelumnya, mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda. Salam hormat kami untuk Ayah Anda.

Pada umumnya, penderita dapat merasakan manfaat obat tuberkulosis setelah dua minggu pengobatan. Gejala penyakit seperti demam dan batuk akan mulai berkurang, namun itu tak berarti obat dapat dihentikan. Cukup banyak penderita tuberkulosis yang tidak minum obat lagi karena merasa badannya sudah sehat. Tindakan ini tidak tepat karena kalau obat tuberkulosis tak diminum sampai selesai, yaitu enam bulan, maka sebenarnya tuberkulosis belumlah sembuh meski gejalanya sudah hilang. Gejala tersebut akan timbul kembali karena kuman tuberkulosisnya masih aktif.

Dalam menjalani terapi tuberkulosis, adakalanya dihadapi efek samping obat tuberkulosis, salah satunya yaitu mual seperti yang anda utarakan. Efek samping ini jarang terjadi, jika terjadi berkonsultasilah kembali kepada dokter Anda agar dapat mendeteksinya dan mengatasinya. Salah satu alternatif mengurangi mual adalah dengan meminum obat setelah makan.

Jadi jangan berhenti berobat jika ada efek samping obat. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan terapi. Namun untuk menjadikan kuman tuberkulosis tidak aktif, diperlukan obat tuberkulosis yang diminum secara teratur dan lamanya sesuai dengan lama terapi yang dianjurkan dokter Anda.

Semoga Ayahanda segera pulih dan Anda sekeluarga selalu sehat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar