Sukses

Sehabis operasi skoliosis

31 May 2016, 15:15 WIB
Wanita, 0 tahun.
Assalamualaikum . Selamat siang dokter. Saya ingin bertanya.. saya menderita skoliosis dan sudah dioperasi satu bulan yang lalu. Sekarang ini tubuh saya dipasangi pen yang kata dokter nya bersifat permanen. Apakah ada resiko bagi tubuh saya kedepannya akibat pen permanen itu, apa saja pantangan yg tidak boleh saya lakukan, dan kira2 butuh waktu berapa lama bagi saya agar saya bisa ruku' atau membungkukkan badan? Terimakasih dokter
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan website kami untuk berkonsultasi,

Setelah melakukan operasi skoliosis, pasien biasanya dapat memulai belajar untuk bergerak setelah 3 hari paska operasi. Biasanya pasien harus berada di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan sekitar 4-7 hari. Pasien yang baru operasi skoliosis biasanya baru bisa kembali bekerja atau bersekolah setelah 2-4 minggu setelah operasi, itu pu aktivitas masih terbatas karena proses pembentukan tulangnya masih terjadi.

Sangat penting untuk diingat bahwa imobilisasi (membatasi pergerakan) selama beberapa waktu akan memberikan kesempatan lebih baik untuk tulang agar pembentukannya sempurna. Harus dipahami bahwa jenis gerakan tertentu seperti mengangkat benda, postur tertentu yang menyebabkan tulang belakang membengkok, dan gerakan memutar tubuh tidak disarankan pada 3 bulan pertama setelah melakukan operasi skoliosis. Untuk alasan ini lah beberapa dokter bedah menyarankan untuk menggunakan back brace () selama periode ini untuk membatasi pergerakan. Aktivitas fisik yang ekstrem dan berlebihan sebaiknya dibatasi dalam 6-12 bulan paska operasi.

Setelah 1-2 tahun paska operasi , pasien akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan foto Rontgen dan kontrol ke dokter . Apabila tulangnya sudah terbentuk sempurna, maka pemeriksaan tambahan lain tidak akan dibutuhkan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar