Sukses

Bintil berisi cairan

31 May 2016, 13:41 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok saya mau tanya, sekitaran batang penis terdpat bintik merah mirip cacar, serta dibagian batas penis bawah saya diantara kulit buat zakar , keluar cairan padat disekitaran itu mirip jerawat , apakah indikasi yang terjadi dengan keluhan saya ini?
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah memilih berkonsultasi dengan kami,

Keluhan yang Anda alami apabila memiliki bintil berair seperti cacar hal ini mengarah kepada diagnosis herpes. Bila mendengar kata herpes, masih banyak orang yang mengidentikkannya dengan penyakit kelamin yang menular. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. Mengapa demikian?.

Perlu diketahui, bahwa penyakit herpes dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus, namun jenis virusnya berbeda, di mana herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster (VVZ) sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV). Perbedaan jenis virus ini tentu saja membuat manifestasi klinisnya juga berbeda.

Penyakit herpes simpleks dapat digolongkan menjadi dua macam tipe. Tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual.

Bagaimana dengan kasus Anda? Sulit bagi kami mengetahui diagnosis Anda tanpa melakukan pemeriksaan langsung sebelumnya. Kami menyarankan Anda untuk menghubungi dokter terdekat untuk mendapat tatalaksana lanjut yang lebih menyeluruh.

Semoga dapat bermanfaat,ya

0 Komentar

Belum ada komentar