Sukses

Tangan dan Kaki Gemetar Menjelang Tidur

31 May 2016, 12:03 WIB
Wanita, 28 tahun.
Assalamu'alaikum dok.. Saya mau bertanya, kenapa setiap kali tidur di waktu malam, suami saya di bagian tangan (lengan maupun pergelangan) dan di bagian kaki (kadang di bagian lutut, pergelangan kaki, atau kadang seluruh kaki baik kanan atau kiri) sering tiba-tiba gemetar. Lamanya sekitar 3-4 detik dan menurut saya gemetarnya lumayan kencang dok. Dalam semalam, bisa lebih dari 3 kali gemetarnya. Sejauh ini dia nggak pernah ada keluhan sakit. Suami saya bekerja kurang lebih 12 jam sehari. Apa ini pengaruh karena kecapekan kerja atau mungkin ada penyebab lain dok? Mohon bantuannya. Saya menunggu jawaban dari dokter. Terima kasih.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com


Keluhan tangan dan kaki gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa. Bila keluhan yang timbul selain bergetar adalah rasa lemas, pusing, mata berkunang-kunang, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti dari faktor yang bukan penyakit: kurangnya tidur, terlalu banyak pekerjaan, stres serta kurangnya olahraga.

Ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keluhan tersebut seperti anemia (kurangnya kadar Hemoglobin dalam tubuh anda), hipoglikemia (kurangnya gula dalam tubuh, dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan), lalu penyakit tiroid seperti hipotirod atau hipertiroid, serta kurangnya nutrisi atau elektrolit dalam tubuh.

Tangan atau kaki yang bergetar sendiri dalam istilah medis disebut tremor. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti :

    Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sklerosis, parkinson, dan beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hipoglikemia, dan banyak lagi.
    Kelainan psikis seperti gugup, stres.
    Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.
    Setelah melakukan aktivitas fisik berat dalam waktu lama.

Untuk menyingkirkan diagnosa penyakit, dapat dilakukan pemeriksaan tubuh dan pemeriksaan darah, oleh karena itu kami sarankan agar anda konsultasi ke dokter spesalis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kami sarankan juga agar anda perbanyak istirahat, konsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah, sayur, karbohidrat, protein serta lemak setiap harinya, serta olahraga secara teratur setiap harinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar