Sukses

Ada Dua Macam Hari Taksiran Persalinan?

27 May 2016, 11:44 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat siang dokter, sy mwo bertanya HPHT saya tidak diketahui pasti tanggalnya pada saat usg dokter kandungan memprediksi HPLnya 19 Juli 2016 dan prediksi bidan 29 Juli 2016. mohon solusinya dokter sebab saya bingung mempersipakan kelahiran anak saya
dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perkiraan tanggal kelahiran memang dapat ditentukan melalui rumus dengan menggunakan hari pertama haid terakhir atau menggunakan pemeriksaan USG. Perkiraan kelahiran dengan menggunakan rumus hanya berlaku akurat apabila siklus menstruasi yang Ibu alami teratur selama minimal 6 bulan terakhir (sebelum hamil). Apabila siklus menstruasi Ibu tidak teratur maka perkiraan kelahiran dengan menggunakan rumus berkurang keakuratannya. Sayang sekali, dalam kondisi saat ini, ibu tidak mengetahui tanggal HPHT Anda.


Berarti satu-satunya cara untuk menentukan hari taksiran persalinan Anda adalah melalui pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pemeriksaan USG memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga. Jadi apabila menstruasi Ibu sebelumnya tidak teratur, maka perkiraan kelahiran berdasarkan pemeriksaan USG lebih akurat. Perkiraan tanggal kelahiran dihitung pada minggu ke-40 kehamilan dengan ± 2 minggu. 

Bila ibu bingung dengan adanya 2 HPL yang berbeda, saran yang dapat saya berikan adalah ibu melakukan pemantauan/ kontrol kehamilan secara teratur hingga mendekati akhir trimester 3, sehingga proses perkembangan janin bisa dipantau terus sehingga tanggal persalinan akan dapat ditentukan secara lebih pasti. Adapun HPL tersebut (baik oleh rumus dari HPHT maupun USG)juga hanyalah merupakan taksiran, dan kadang kala bisa maju atau mundur jauh, tergantung kondisi ibu dan janin. Untuk itu, tetaplah berpegang pada kondisi Anda dan janin saja (ketahui dengan kontrol teratur).

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar