Sukses

Gejala GERD

25 May 2016, 20:20 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, sudah beberapa hari ini ketika saya menguap rasanya gak plong, kayak tertaham gituh. Dan setelah itu napas saya terasa sesak. Saya menarik napas panjang tapi terkadang gak dapet. Saya udh periksa rekam jantung dan ronsen, tapi hasilnya semua baik. Saya udah periksa ke dokter dan dugaan awal asam lambung. Tapi udah beberapa masih terasa susah kalo menarik napas, dan menguap juga gak pernah plong. Kira2 penyebab ini apa dok? Dan apa yg hrs saya lakukan? Mohon bantuannya
dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah selain keluhan yang Anda sampaikan, Anda merasa sesak napas, seperti ada yang menjalar dari lambung ke kerongkongan, perasaan panas seperti terbakar, rasa pahit atau asam di mulut, sulit tidur karena sesak? Apakah Anda sering mengalami sakit maag?

Jika ya, kemungkinan Anda mengalami kembalinya (regurgitasi) asam lambung dari lambung ke kerongkongan, bisa sampai ke mulut, atau dalam bahasa kedokteran disebut juga GERD (Gastro Esfophageal Reflux Disease).

Hal ini dapat terjadi jika Anda terlambat makan, makan makanan yang pedas, asam, kopi, soda, minuman beralkohol. Atau jika Anda langsung tidur setelah makan.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter penyakit dalam untuk mengetahui diagnosis pasti dan mendapatkan pengobatan yang tepat.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar