Sukses

Jumlah Sperma Sangat Sedikit, Bisakah Punya Keturunan?

24 May 2016, 18:59 WIB
Wanita, 0 tahun.
Assalmu'alaikum wr wb...dok saya mau tanya, saya usia 40 istri 39 nikah sudah 6 tahun belum punya keturunan, setelah kami periksa saya dinyatakan ekstrim oligoospermia dengan nilai 1.1. pertanyaan 1. apakah kami masih bisa mempunyai keturunan 2. bagaimana cara mengobati ekstrim oligoospermia Terima kasih atas penjelasan dan saran-sarannya. wassalamu'alaikum wr wb....

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Oligoozospermia adalah suatu keadaan dimana jumlah sperma yang terkandung dalam air mani beradadibawah normal atau < 20 juta unit. Hasil analisa sperma yang kurang baik, memang  menurunkan peluang untuk memiliki anak namun bukan berarti Anda tidak bisa memperoleh keturunan sama sekali. Walaupun jumlahnya sedikit, asalkan bentuk dan pergerakan sperma normal masih bisa membuahi sel telur dan membuahkan kehamilan. Untuk pengobatan, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis andrologi yang memang berkompeten dalam menangani kasus seperti yang Anda alami. 

Selain dari pengobatan dari dokter andrologi,  kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung nutrisi berikut ini:

  •  Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)

  •  Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria

  •  Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.

  •  Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.

  •  Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

  •  Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

 

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda dan istri segera dikaruniai buah hati.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar