Sukses

Terlambat haid dan mual mual
24 May 2016, 15:55 WIB
Wanita, 29 tahun.
Aku mau nanya. Aku udh telat haid dah 3 minggu. Wkt minggu 2 aku udh test pack. Tp hasilnya negatif. Tp smpe skrng aku blm testpack lgi. Yg aku mau tnyain sih. Apakah orng hamil itu mesti mual2. Klo aku ngak prnh mual sih d pagi hr.tp bbrp hr yg lalu klo naik mobil slalu pusing dan mual.. Dan d minggu ke brp ktanhrs cek kehamilan? Klo hasil nya ttp gak positif knp jg blm dtng haid. Apa yg bsa menyebabkan telat haid?. Terima kasih. Tlng d jwb yah
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih sebelumnya telah memilih kami untuk berkonsultasi, 

Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda selama ini? Telat datang bulan  dan mual memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. 

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Karena sudah 3 minggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi  dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan saat ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar