Sukses

Gigi Patah Harus Perawatan Saraf
21 May 2016, 19:39 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dear Dokter Dokter, gigi depan atas saya tambalan dikanan kirinya bolong. Awalnya tambalan keropos sedikit demi sedilkit, sampai stahun yg lalu gigi nya patah(jd separoh), krn dari kanan dan kiri keropos. Kata dokter hrs PSA, tp katanya butuh wkt >3minggu, krn sedang KKN gigi yg separuh tsb ditambal sementara. Yg saya tanyakan, brp biaya utk PSA? Saya dengar sampai dgn 2juta. Apakah bahaya kalau ggi tsb tdk si PSA tp ditambal sementsra? Yg kedua, Utk mendapatkan gigi dgn bentuk spt smula selain PSA hrs diapakan lg ya dok? Tambal atau yg lainmya?

Halo Deva,

Saya mengerti keadaan yang anda alami. Gigi yang telah patah akibat karies ataupun trauma masih sangat bisa dipertahankan karena akar gigi masih kuat hanya saja mahkota giginya yang tinggal separuh. Oleh karena itu saya juga menyarankan untuk dilakukan PSA yaitu Perawatan Saluran Akar (Perawatan Saraf Gigi) untuk mempertahankana gigi tersebut. Biaya untuk PSA relatif tergantung dari Klinik/RS yang anda datangi, atau Dokter yang merawat apakah Dokter Gigi Umum atau Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi. Karena Deva sedang dalam masa KKN, saran yang tepat adalah berobat ke Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, selain alatnya yang lebih lengkap dan canggih, PSA juga bisa dilakukan dalam 1 kali kunjungan sehingga mengakomodir keterbatasan waktu yang dimiliki Deva. Dan memang biayanya biasanya akan relatif lebih tinggi dibanding dengan dokter gigi biasa.

Jika gigi tidak di PSA dan hanya ditambal sementara, akan berbahaya bila tambalan sementara lepas. Ketahanan tambalan sementara diperkirakan hanya 1-2 minggu, selebihnya akan lepas sedikit demi sedikit sampai habis. Dan jika tambalan sementara lepas, gigi yang patah akan terbuka sehingga kuman dan sisa makanan bisa masuk ke dalamnya dan lama kelamaan dapat menyebabkan gigi tersebut sakit sampai terjadilah abses. Untuk mendapatkan gigi dengan bentuk semula, setelah PSA bisa dilakukan pemasangan jacket crown dengan bahan porcelain/ceramic karena selain kuat juga memiliki pilihan warna yang menyerupai gigi asli sehingga bisa didapatkan estetik yang baik untuk gigi depan.

Semoga penjelasan saya dapat membantu mendapatkan solusi untuk kasus gigi Deva dan terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com.


0 Komentar

Belum ada komentar