Sukses

Cara Menghitung Masa Subur
19 May 2016, 21:28 WIB
Wanita, 30 tahun.
mau tau usia kandungan aku sekarang berapa. Soalnya tadi aku udah tespek terxta dah hamil.

Halo…

Terima kasih telah mempercayakan permasalahan kesehatan Anda kepada Kami. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghitung umur kehamilan. Salah satunya adalah dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

 

Untuk dapat menghitung usia kehamilan anda berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari). Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumusNeagele, selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.

contoh:


16 -11 – 08
Untuk Hari Perkiraan Lahir sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.

Jika HPHT anda adalah 16 nov 2008, maka:

+     -    +

7     3    1

 

23 - 8 -  09 (ini tanggal HPL)

 

Jadi taksiran waktu kelahiran anda adalah tanggal 23 agustus 2009, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember , berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan ...dst.

 

Demikian penjelasan yang dapat Kami beikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar