Sukses

Bagaimana Jika Anak Terlambat Duduk?
19 May 2016, 11:29 WIB
Wanita, 6 tahun.
dok, mau tanya.. umur 6 bulan 22 hari belum bisa duduk, apakah normal dok? kemudian mulai umur berapa bayi bisa diberi makannan seperti ikan, daging yang sudah dihaluskan? terima kasih Dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Memang, seharusnya pada usia sekitar itu, bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa berpegangan. Namun dikatakan masih dalam batas toleransi keterlambatan hingga usia  8 bulan. Jadi selagi masih bisa dilakukan rangsangan lebih baik agar Anak segra bisa duduk dan tidak terlambat perkembangan motoriknya. Lakukan lah latihan-latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot leher anak Anda. 

Cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

  •  Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala 

    Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.
  •  Duduk 

    Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Jika dirasakan tidak ada perbaikan setelah Anda lakukan rangsagan lebih sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak agar diketahui penyebab dan ditatalaksana dengan tepat.

Anak diberikan ASI eksklusif artinya hanya ASI saja hingga usia 6 bulan. Setelah usia 6 bulan Anak sebaiknya diberikan ASI + makanan pendamping ASI. Makanan dapat dimulai dari bubur halus atau bubur susu. Kemudia secara bertahap ditingkatkan ke makanan rumah yang dihaluskan hingga akhirnya Anak mampu makan makanan menu keluarga. Yang perlu diingat adalah agar memulainya secara bertahap agar pencernaan Anak dapat beradaptasi.

Semoga membantu,


Salam Sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar