Sukses

Sebab Rambut Rontok

17 May 2016, 00:59 WIB
Wanita, 0 tahun.
umur aku 19 tahun dokter. dulu saya mengalami rambut rontok tapi tidak begitu parah. aku rasa semenjak aku sakit DBD dan dirawat di RS selama seminggu rambut rontokku semakin parah. aku sempat browsing jika rontongnya under 100/hari masih normal tapi yang aku alami sekarang bahkan lebih dari 100helai/hari. bahkan cuma diraba pakai tangan aja banyak banget rontoknya. kira-kira kenapa ya dok?

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com


Kami memahami kekhawatiran Anda. Benar seperti yang Anda katakan, kerontokan rambut merupakan hal yang normal bila jumlahnya tidak terlalu banyak dan masih dalam batas wajar. Namun bila rambut rontok sudah berlebihan maka perlu dicari tahu penyebabnya. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, yaitu :

  1. Kondisi genetik. Apakah di keluarga kandung seperti orangtua atau nenek Anda mengalami hal serupa? Jika iya, maka kemungkinan kerontokan rambut yang Anda alami disebabkan genetik atau androgenetic alopecia

  2. Kondisi medis tertentu misalnya gangguan tiroid, kehamilan, dan anemia. Selain itu, beberapa penyakit autoimun, seperti psoriasis dan dermatitis seborrhoic, dan juga  penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS).

  3. Manipulasi rambut terlalu sering. Mengikat atau mengepang rambut terlalu erat juga dapat memicu timbulnya traction alopecia. Traction alopecia dapat menyebabkan rambut menjadi semakin rontok. Beberapa manipulasi rambut lainnya yang bisa menyebabkan rontok adalah mewarnai rambut, penggunaan alat catok dan hair dryer, dan tindakan penggunaan bahan kimia terhadap rambut lainnya. Selain itu, terlalu keras menyisir rambut, dan mengeringkan rambut terlalu agresif juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  4. Pada kondisi stres, trauma fisik pasca operasi atau penyakit yang berat, penurunan berat badan berlebihan, dan konsumsi vitamin A yang berlebihan juga bisa membuat rambut rontok.

Untuk mengatasi kerontokan rambut, Anda dapat mengurangi manipulasi rambut serta menghindari stress. Makann makaann yang bergizi dan mengandung banyak vitamin seperti buah dan sayur serta berolahraga rutin juga dapat membantu memberikan kesehatan tubuh termasuk rambut Anda. Jika dengan melakukan hal tersebut rambut rontok tetap terjadi, maka tidak ada salahnya Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Semoga Anda sekeluarga selalu sehat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar