Sukses

Gusi Bengkak Karena Infeksi Dibawah Gigi Palsu

12 Jul 2016, 14:43 WIB
Wanita, 0 tahun.

Saya sudah memakai gigi palsu sesaat sebelum sekolah ke luar negeri. Jika ada masalah sehubungan gigi palsu maka saya ke tukang gigi dengan tetap ke dokter gigi. Masalahnya, minggu lalu gusi saya bengkak lalu pergi ke dokter yang mengatakan masih ada akar gigi pada gigi bawah dan saat gigi palsu dibawah dipasang akan terasa sakit. Dilakukan pengobatan dan rasa sakit hilang. Saya diberikan obat antibiotik (amoxilin) dan 2 buah obat lainnya. Saya minum obatnya sekitar 08.10 dan setelah 20 menit minum obat antibiotik dan ternyata tidak alergik lalu saya pulang. Saat makan siang sekitar jam 12.30, saya lunch dan sesudah itu saya saya minum obat2nya. Sekitar 30 menit mata saya bengkak dan berakhir dll sebagai tanda saya alergi. Menu lunch saya sayur labuh dengan telor dan ayam goreng tepung. Saya langsung ke dokter lalu obat2 tersebut distop dan digantikan dengan obat lain untuk penurun mata yang bengkak. Saya minum 2x dan sudah sembuh. Masalahnya gusi bengkak saya mase bengkak hingga saat ini. Selama menunggu jadwal dokter rujukan, saya berkumur dengan air garam hangat dan/atau daun sirih & jahe yang direbus yang bisa mengatasi rasa nyeri namun bengkaknya masih tetap. Mohon advis agar saya bisa tanyakan ke dokter saat hari konsultasi. Adakah obat umum untuk mengatasi gusi bengkak. Terima kasih

Halo Pak Berty,

Saya memahami keluhan pada kasus gusi dan gigi palsu anda. Dari keterangan anda setelah obat-obatan diganti karena alergi, nyerinya sudah hilang namun gusi masih bengkak. Yang anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri dengan berkumur air garam hangat sudah benar, juga rebusan air daun sirih sebagai antiseptik alami untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Sementara menunggu jadwal dokter rujukan, anda bisa menggunakan obat kumur penghilang rasa nyeri dan anti peradangan yang bisa didapatkan di apotik secara bebas. Dan agar gusi tidak mengalami peradangan lebih lanjut, sebaiknya gigi palsu dilepas sementara, dan dipakai hanya saat diperlukan saat penting saja. 

Jika tiba jadwalnya ke dokter gigi, namun gusi masih belum seluruhnya sembuh dan kempes, konsultasilah untuk mendapatkan obat untuk menghilangkan gusi bengkak tersebut. Jika gusi sudah sembuh sempurna dan tidak ada peradangan, segera rencanakan untuk tindakan pencabutan, karena sisa gigi dibawah gigi palsu berpotensi untuk mengalami infeksi dan pembengkakan lebih berat lagi.

Semoga penjelasan saya dapat membantu mengatasi keluhan anda untuk sementara waktu dan terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi TanyaDokter klikdokter.com.

0 Komentar

Belum ada komentar