Sukses

Penyembuhan Fistula Ani

14 May 2016, 20:34 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat malam dokter, dok suami saya (33th) 2 minggu yang lalu operasi fistula ani. Sudah 2 kali kontrol pasca operasi. Tapi dgn dokter yg berbeda. Dokter pertama menganjurkan memakai betadine. Sedangkan dokter kedua mengajurkan menggunakan larutan NaCl. Mana yg lebih baik ya dok? Satu lagi dok, waktu kontrol kedua, suami saya tidak diresepkan obat. Apa memang penyembuhannya tidak memerlukan obat ya dok? Mohon bantuannya ya dok. Terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Fistula ani adalah terowongan yang terbentuk akibat berbagai sebab. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka fistula ani akan menyebabkan infeksi dan bahkan dapat menyebabkan gejala sistemik pada penderitanya. Pada kasus Anda, fistula ani sudah dioperasi dan berada dalam tahap penyembuhan. Pada dasarnya perawatan pasca operasi pada fistula ani meliputi perawatan luka pasca operasi, dan pada beberapa kasus dapat diberikan pemberian antibiotik. Pembersihan luka tanpa penyulit dapat menggunakan larutan NaCl.

Tidak semua kasus memerlukan obat seperti antibiotik. Pengobatan yang diberikan tergantung dari keadaan pasca operasi suami Anda. Jika keadaan pasca operasi fistula ani bersih dan tidak ada tanda infeksi, maka pemberian antibiotik tidak diperlukan. Untuk memastikan perlunya antibiotik, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Bagaimana keadaan luka pasca operasi suami Anda?

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Semoga informasi ini membantu. 

0 Komentar

Belum ada komentar