Sukses

Kulit Menebal di Ketiak dan Selangkangan

13 May 2016, 22:58 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok saya baru2 ini menderita penyakit kulit di bagian ketiak dan selangkangan, dengan gejala. kulit menebal kemudit terdapat kulit yg mengering berwarna putih, dan tersa gatal. ini penyakit apa ya dok? kerus solusinya apa? obatnya apa? kemudian penyakit di atas telah menjalar ke bagian kepala penis dngan gejala. beberapa bagian kepala penis terasa lebih kering dari bagian sekitarnya dan seakan ada lapisannya. tidak ada rasa gatal atau sakit yang saya rasakan pada bagian kepala penis saya. ini penyakit apa dok? apakah sama dgn yg di atas? kemudian solusinya apa? obatnya apa? terima kasih dok jawaban sangan di nanti
dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com,


Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda saat ini adalah kulit menebal di area ketiak dan selangkangan, serta terdapat kulit yang mengering berwarna putih. Selain itu terdapat gejala kepala penis yang terasa kering.

Penebalan kulit yang mengenai daerah selangkangan dan ketiak dapat  disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida. Hal ini lebih mudah terjadi jika daerah tersebut kerap lembab seperti jika sering memakai celana ketat, atau daerah sering berkeringat. Bila area kepala penis tidak gatal, apakah penebalan kulit pada ketiak dan selangkangan ini menimbulkan rasa gatal? Bila ya, makin menguatkan kemungkinan terjadinya infeksi jamur. Nah, jenis jamur yang mana yang menyebabkan keluhan kulit Anda, sayangnya harus ditetapkan lewat pemeriksaan langsung untuk melihat bentuk kelainan tersebut. 

Jamur dermatofita E. Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan. Adakah gambaran ini pada diri Anda? Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus yang dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit. 

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Karena kedua penyakit jamur ini dapat terjadi di daerah yang Anda sebutkan, diperlukan keterangan lebih mendetil dan pemeriksaan fisik. Karena, selain jamur, masih ada juga kemungkinan seperti iritasi atau alergi kontak, hingga penyakit yang disebut psoriasis (gejala penebalan kulit akibat gangguan imun). Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik untuk melihat ciri-ciri lesi kulit dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan jenis jamurnya untuk menentukan pengobatan yang tepat. Terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan penyebabnya. 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar