Sukses

Benjolan Kecil Dibibir Vagina
11 May 2016, 09:23 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, beberapa hari ini saya merasakan ada benjolan kecil di bibir vagina sebelah kanan, namun tidak ada rasa sakit atau yang lainnya, hanya saja saat saya membersihkan vagina terasa aneh saja dengan benjolan tersebut, apa tidak bermasalah dok? atau terjadi iritasi? bagaimana penanganannya? terimakasih banyak dok.
dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk keluhan benjolan diarea kelamin akan lebih baik jika diperiksakan langsung kepada dokter terdekat, karena terdapat beberapa informasi penyakit yang harus dikonfirmasi melalui pemeriksaan fisik.

Secara umum, benjolan pada area bibir vagina dapat terjadi akibat;

  1. furunkel atau folikulitis, yaitu bisul yang terjadi akibat adanya infeksi pada area kulit yang tedapat folikel rambut
  2. kista bartholin / abses kelenjar bartholin, dimana kista terjadi akibat kelenjar bartholin tersumbat kemudian dapat meradang atau infeksi. Bila terjadi infeksi maka benjolan akan teraba nyeri, lebih hangat dan berwarna kemerahan. Bila isi kista adalah nanah maka disebut abses kista bartholin.
  3. fibroma, yaitu tumor jinak jaringan ikat pada area bibir vagina
  4. lipoma, yaitu tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak
  5. Sarkoma, yaitu tumor ganas jaringan ikat
  6. adenocarsinoma bartholin, yaitu tumor ganas dari kelenjar bartholin

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab keluhan anda, maka kami anjurkan anda untuk terlebih dahulu memeriksakan keluhan tersebut kepada dokter umum / dokter spesialis kulit kelamin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar