Sukses

Buang air besar berdarah

10 May 2016, 20:23 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, saya mau konsultasi. Saya wanita usia 24 th. Sudah 8 hari saya telat haid,jika dilihat dari siklus haid yg 30hari. Tapi pas hari ke 7, saya buang air besar, terdapat darah pada kotoran saya, warna nya segar. Sebenarnya,bbrp hr ini saya merasa stres dan lelah dalam bekerja, serta kmrn ikut olahraga body combath,yg mngkin membuat saya lelah. Ditambah lg, bbrp hari ini vagina saya terasa gatal, padahal minggu lalu saya baru saja ratus. Agar tdk ada keputihan. Sy blm menikah dan blm pernah melakukan hubungan seksual. Tp tetap sj saya khawatir krn tdk normal siklusnya. Takut di dalam rahim saya atau usus sy kenapa2. Sbnrnya sy sempat browsing hal apa saja yg membuat haid terlambat,yaitu karena stres, cape, kurang vitamin c. Sy jg jarang makan sayur dan buah. Sy khawatir dok. Mohon pencerahannya. Terimakasih
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Apakah setelah buang air besar anda merakan nyeri atau perih pada anus? Apakah warna darah pada feses? APakah merah segar atau kehitaman? Apakah darah menetes dari anus? 

Buang air besar dengan darah bisa disebabkan beberapa hal diantaranya adalah wasir atau hemoroid dan perdarahan saluran cerna. Perdarahan saluran cerna dapat disebabkan banyak hal misalnya kelainan hati, maag kronis, ulkus duodenum, dan lainnya. Apabila Anda memiliki riwayat buang air besar yang keras, kemungkinan yang Anda alami adalah wasir atau hemoroid.Hemoroid merupakan pembengkakan vena atau pembuluh darah baik di anus.Jarang makan sayur dan buah dapat memperparah kondisi wasir atau hemoroid.

Sedangkan untuk penyebab dari terlambat haid sendiri memang beberapa kasus yang Anda sebutkan seperti stress dan kelelahan dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut. Untuk memastikan apa yang terjadi pada Anda kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar