Sukses

Bercak pada Kulit Setelag Terpapar Dingin

10 May 2016, 13:42 WIB
Wanita, 0 tahun.
4 hari saya di gunung Sumeru (Tgl 5 - 8 mei 2016) dengan suhu dingin extreme mungkin hampir 0 derajat soalnya minyak goreng yang kami bawa beku. Pulang dari gunung kembali ke jakarta Tgl 9 mei 2016 saya merasakan belakang leher saya dekat tengkuk sebelah kanan dan kiri terasa panas, perih dan gatal. Dan membekas seukuran 3 jari tangan dewasa bewarna hitan dengan bintik2 (warna bintik2 nya hampir sama dengan warna kulit). Saat ini saya tidak mengalami demam. Kira2 disebabkan oleh apa ? Dan apa obatnya ? Terima kasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com


Mohon maaf atas keterlambatan Kami menjawab pertanyaan Anda. Apakah sebelumnya, bercak ini berwarna kemerahan? Bercak merah kehitaman setelah paparan dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  1. Cold urticaria. Pada cold urticaria bercak kemerahan dan gatal muncul akibat paparan dingin. Istilah awam dari kondisi ini adalah alergi dingin.
  2. Dermatitis kontak. Misalnya karena kontak dengan syal penghangat atau kerah jaket. Dermatitis kontak muncul akibat iritasi dengan bahan yang menempel pada daerah yang terkena, dalam hal ini
  3. Essential mixed cryoglobulinemia. Pada kasus essential mixed cryoglobulinemia bercak merah muncul akibat gangguan komponen pembuluh darah yang terstimulasi akibat paparan dingin.

Pada cold urtikaria, bercak akan perlahan menghilang seiring dengan hilangnya paparan terhadap dingin. Pada dermatitis kontak, bercak juga akan perlahan menghilang setelah benda iritan dihindari. Untuk mempercepat penyembuhan, pada dermatitis kontak dapat diberikan obat oles berupa salep hidrocortisone 2%.Beda halnya dengan Essential mixed cryoglobulinemia dimana harus mendapatkan penanganan medis secara spesifik.

Untuk memastikan kondisi apa yang terjadi pada Anda hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik langsung. Olehkarena itu, jika bercak ini masih ada hingga sekarang tidak ada salahnya Anda mengunjungi dokter untuk memastikan diagnosis dan guna mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar