Sukses

Menangani Maag

10 May 2016, 08:59 WIB
Wanita, 28 tahun.
slmt pgi Dok, saya mempunyai teman dengan keluhan maag. stelah melakukan USG, ternyata hasilnya adalah Klinis: Gastritis Kronik. dokter sudah memberikan obat, dan teman saya juga mengkonsumsi obat herbal seperti Spirulina dan Gastric Health. saya ingin mennanyakan apakah baik mngknsumsi herbal terus menerus bersamaan dengan obat? lalu apa saja makanan dan minuman yg hrus di hindari serta makanan dan minuman yg sebaiknya di konsumsi. bgaimana pola makan yang baik dan teratur. apakah perlu makan sedikit2x namun sering? terima kasih Dok.
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Maag/gastritis adalah proses inflamasi/peradangan pada lapisan mukosa lambung sebagai mekanisme proteksi mukosa apabila terdapat akumulasi bakteri atau bahan iritan lain. Proses inflamasi dapat bersifat akut, kronis/lama, difus/menyeluruh, atau lokal. Pasien datang ke dokter karena rasa nyeri dan panas seperti terbakar pada perut bagian atas. Keluhan mereda atau memburuk bila diikuti dengan makan, mual, muntah dan kembung.

Untuk gaya hidup yang dianjurkan apabila mengalami kondisi maag adalah :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari konsumsi alkohol, rokok, dan soda
  • Hindari stres
  • Makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besa

Dalam dunia medis, kedua obat tersebut tidak digunakan. Apakah komposisi atau bahan dari kedua obat tersebut? Beberapa produk herbal ada yang memiliki interaksi dengan obat-obatan medis yang dikonsumsi secara teratur. Apabila Anda ingin menggunakan kedua jenis pengobatan secara bersamaan maka sebaiknya teman Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang merawat teman Anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar