Sukses

Keturunan Albino

02 May 2016, 16:00 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok saya memiliki pacar yang albino, pacar saya anak ke 3 dari 4 bersaudara dan dia adalah anak laki-laki satu-satunya. Kakak ke 2 dan adiknya normal, kakaknya yang ke 1 albino juga, sementara ayah dan ibunya normal, saudara-saudara yang lain seperti kakek, nenek, paman, bibi, sepupu-sepupu dan 3 keponakan nya normal semua. Dalam waktu dekat ini saya akan menikah dengan pacar saya itu, yang ingin saya tanyakan apabila kelak kami punya anak, seberapa besar kemungkinan anak kami akan terlahir albino seperti ayahnya ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Albino merupakan penyakit keturunan, yang diturunkan secara genetik oleh kedua orang tua. Persentase melahirkan anak albino dari orang tua yang normal dengan orang tua yang albino sangat rendah, sementara persentase yang lebih tinggi didapatkan dari orang tua yang keduanya merupakan pembawa gen albino.

Dikatakan Albino apabila tubuh tidak bisa menghasilkan pigmen melanin yang merupakan pigmen penting untuk menyerap sinar UV sehingga tubuh tidak mengalami kerusakan akibat sinar tersebut, serta melanin juga membentuk warna kulit, rambut dan mata.

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang albino sama seperti anak-anak yang lain seperti kesehatan secara umum, jangka waktu hidupnya, kepintaran dan kemampuan untuk memiliki anak.

Karena albino merupakan penyakit turunan maka pencegahan yang paling baik adalah dengan memeriksakan keadaan genetik dari setiap pasangan apakah memiliki gen pembawa albino atau tidak. Dan untuk anak albino sebaiknya hindari terkena sinar matahari berlebih, karena memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker kulit akibat kurangnya pigmen melanin yang bisa melindungi kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar