Sukses

GERD atau Sakit Maag Biasa

02 May 2016, 20:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, mau tanya.. Beberapa hari ini saya merasakan sesak napas, sakit dada kiri dan d belakang sebelah kiri, sakit perut di bagian kiri atas, sering pusing saat bangun tudur, sering mual. Tapi yang sesak itu sering terjadi d malam hari. Saya sudah k dokter katanya maag. Dan saya di beri obat: -Vomceran 4mg tab -Lancid 30mg cap -Episan 500mg 100ml Saya sering browser d infernet ada beberapa yang punya keluhan yang sama mereka mengidap GERD. Pakah ada kemungkinan saya terkena itu? Mohon penjelasannya. Terima Kasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda

Gejala yang Anda rasakan memang sudah sesuai dengan gajala pada penderita penyakit maag, dimana terdapat rasa sesak, nyeri dada kiri dan nyeri perut kiri akibat produksi asam lambung berlebihan, sehingga lambung lebih mengembang dan menekan organ-organ di sekitarnya. Gejala akan hilang setelah makan ataupun minum obat-obatan yang berfungsi menetralisir maupun mengurangi produksi asam lambung berlebih.

Sedangkan gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Gejala Anda cukup khas pada penyakit GERD, seperti misalnya mual berulang, tidak tahan meminum cairan asam (seperti minuman vitamin C yang Anda sebutkan, sebab minuman vitamin C menambah kondisi asam di lambung yang menyebabkan ketidaknyamanan lambung), dan penderita GERD tidak boleh tidur terlalu cepat pasca makan karena asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,

Untuk itu mulai saat ini usahakan untuk makan secara teratur, pilih bahan makanan yang baik bagi kondisi kesehatan Anda, serta kurangi beban pikiran berat pemicu produksi asam lambung berlebih.

Demikian penjelasan yang daapt kami berikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar