Sukses

Bawang Putih Untuk Pengobatan Panu

02 May 2016, 20:01 WIB
Pria, 27 tahun.

Salam Ibu & Bapak Dokter. di wajah saya ada panu dan saya sudah mencoba mengobati memakai kalpanak cair menghabiskan 6 botol, Benoson krim 2 kotak & Mycoral 2% namun tidak ada hasilnya. pertanyaan saya, apakah bisa memakai bawang putih untuk pengobatan selanjutnya dan adakah efek sampingnya ? Terima kasih Bapak/Ibu Dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pitiariasis versikolor atau lebih dikenal dengan panu adalah suatu penyakit jamur kronis yang disebabkan oleh flora normal kulit bernama Malassezia furfur. Faktor pemicu timbulnya kondisi ini adalah suhu, kelembaban udara, keringat atau defisiensi imun.

Berikut adalah gejala penyakit panu:

  • Bercak berwarna putih hingga coklat kehitaman, berskuama halus
  • Bercak timbul dengan beragam bentuk dan ukuran
  • Menyerang badan, kadang-kadang ketiak, lipatan paha, tungkai atas, leher, muka dan kulit kepala yang berambut
  • Dapat disertai rasa gatal.

Pengobatan panu memerlukan kesabaran dan kesungguhan, pengobatan akan memakan beberapa waktu karena jamur memiliki akar yang dapat masuk hingga kepermukaan kulit, sehingga penyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan. Dokter biasanya akan memberikan obat anti jamur berupa krim oles maupun obat minum, selain itu penderita juga harus mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga kebersihan badan. Hal-hal tersebut dapat mempercepat penyembuhan infeksi panu atau jamur lainnya pada tubuh.

Bawang putih memang telah diteliti dapat mengobati infeksi panu pada kulit. Bawang putih dikatakan memiliki kandungan sulfur sebagai anti jamur, bawang putih juga mengandung tinggi vitamin C dan E sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat jamur, mempercepat pertumbuhan jaringan, dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga infeksi menjadi lebih mudah untuk diatasi. Namun berhati-hatilah, pada beberapa kasus penggunaan bawang putih pada kulit dapat menyebabkan ruam dan radang, untuk itu jika pada awal pemakaian dirasakan adanya gatal, panas, dan perih, segeralah cuci bagian tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar