Sukses

Mata Minus

01 May 2016, 19:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Salam Sehat Dok.. Sy Rachma, ingin konsultasi sy baru saja periksa mata di optik dan diperoleh hasil bahwa sy minus 0,25 kanan dan kiri serta sylinder 0,25 mata kiri.. yang ingin sy tanyakan; 1. Apakah sy harus memakai kacamata? 2. Apakah sy harus periksa lagi di lain tempat? 3. Bagaimana jika memakai kacamata tidak ada perubahan seperti saat sebelum menggunakan kacamata ? 4. Apakah mata minus dan sylnder bisa sembuh total?? mengingat dalam keluarga sy sampai saat ini tidak ada yg memakai kacamata minus maupun sylinder.. mohon bantuannya dok terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.Mata minus (miopia) dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya. Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. Untuk menjawab pertanyaan Anda yang pertama adalah ada baiknya Anda menggunakan kacamata agar tajam penglihatan Anda lebih baik, hal ini sesuai dengan kebijakan dibanyak negara bahwa setiap orang yang memiliki tajam penglihatan tidak baik dapat mengganggu produktifitas kerja termasuk membahayakan dirinya dan orang lain. Biasanya juga dapat menurunkan prestasi belajar jika tajam penglihatan tidak baik.

Yang kedua jika ini merupakan pemeriksaan pertama Anda ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis mata terlebih dahulu, terutama dokter mata yang memiliki sarana pemeriksaan visus mata.

Yang ketiga biasanya setelah menggunakan kaca mata akan terjadi perbaikan visus atau tajam penglihatan secara bermakna.

Yang keempat, biasanya tidak dapat sembuh sempurna kecuali ada tindakan bedah. Sedangkan cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan pemakaian bahan alami. Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan rutin terutama bagi pemakai kacamata, minimal 6 bulan sekali. Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

 

Salam sehat ! (DR)

0 Komentar

Belum ada komentar