Sukses

Atresia Esofagus

29 Apr 2016, 15:11 WIB
Pria, 28 tahun.

dok anak pertama saya meninggal terkena atresia esofagus, apakah anak kedua dapat terkena lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Atresia esofagus atau dikenal juga dengan nama Esophageal atresia adalah kondisi tidak berkembangnya esofagus pada janin sehingga makanan tidak bisa dilewatkan dari mulut ke perut.                                       

Esophageal atresia adalah kelainan bawaan, yang berarti terjadi sebelum kelahiran. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui karena belum terbukti bagaimana proses genetikanya. Ada beberapa jenis, kebanyakan berupa esofagus terputus dan tidak tersambung dengan esofagus bawah dan perut. Ujung esofagus bawah malah menyambung dengan saluran napas. Kondisi ini disebut tracheoesophageal fistula (TEF). Beberapa bayi dengan kondisi ini biasanya mengalami masalah lainnya, seperti gangguan jantung dan pencernaan.

Meskipun penyebabnya belum diketahui, namun faktor genetik diduga memiliki peranan penting. Jika salah satu anggota keluarga pernah mengalami atresia esofagus maka anak yang lainnya memiliki risiko juga meskipun kecil. Kami berharap semoga anak kedua Anda tidak mengalami hal tersebut dan selalu diberikan kesehatan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar