Sukses

Agar Tidak Lagi Pilek dan Rinitis Alergi Tidak Kambuh

02 May 2016, 13:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok. Dok sekitar akhir tahun lalu saya sempat menderita Rhinitis Alergi hingga muka sering bengkak terutama mata sebelah kanan dan tiap malam kesulitan bernapas (alergi dinign katanya). Hasil rontgen juga menunjukkan tidak ada masalah dengan sinus. Lalu saya diresepkan Avamys nassal Sprei selama 1 bulan, dosis 2semprot satu rongga sehari. Setelah satu bulan disuruh balik, tapi saya gk balik karena setelah satu bulan pemakaian saya merasa sembuh total. Masalah mulai mencul 3 - 4 bulan setelahnya. Gejala-gejala bersin harian dan hidung mampet mulai kembali namun tidak separah dulu. Namun, belakangan ini semakin mudah pilek, saat bangun pagi lemas dan kelopak mata sebelah kanan kadang hingga pipi ikut bengkak dan siang/sorenya akan menghilang. 4 Hari lalu saya pilek hingga mata kanan dan pipi kiri kanan bengkak. Akhirnya saya mulai memakain avamys dengan dosis 2 semprot satu rongga dan bengkak sudah hilang. Saya termasuk sering olahraga. Yang saya ingin tanyakan: solusi pengobatan agar tidak mudah pilek dan solusi agar setiap hari tidak ada rongga hidung yang mampet taupun bersin dan pembengkakan tidak kembali lagi?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas keluhan Anda. Rhinitis alergi, seperti yang Anda alami, adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa  (Von Pirquet, 1986).

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Dengan kata lain, Anda menanyakan bagaimana agar tidak mudah pilek, dan bagaimana agar  tidak mudah kambuh rinitis alergi Anda. Untuk pertanyaan pertama, cara agar tidak mudah pilek adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Anda mengalami pilek saat Anda terpapar virus flu (misalnya dari orang lain yang sudah mengalami pilek lebih dahulu). Maka, cara yang perlu Anda lakukan adalah menghindar/ menjauhkan diri dari orang yang mengalami pilek. Selain itu, daya tahan tubuh Anda juga harus ditingkatkan. Bila daya tahan tubuh Anda baik, maka sekalipun masuk virus flu ke saluran pernapasan Anda, Anda tidak akan sakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, mengonsumsi cukup cairan, banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta lanjutkan olahraga Anda yang sudah rutin.

Seperti yang telah Anda ketahui, bersin harian dan hidung mampet Anda adalah akibat rinitis alergi, suatu penyakit yang terkait dengan genetik (bakat alergi). Untuk itu, sulit untuk menghilangkannya secara 100%, sebab kecenderungan tersebut sudah 'melekat' dengan tubuh Anda. Namun terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab (seperti yang Anda sebutkan, alergi dingin). Dengan dapat menghindari kondisi dingin, maka gejala hidung mampet dan bersin harian tersebut  dapat Anda hindari. Ketahui jugalah apa kira-kira ada penyebab lain yang bisa menyebabkan rinitis alergi Anda kambuh, apakah itu tungau debu, makanan, dll. Hindari semua pencetus tersebut agar rinitis alergi Anda (hidung mampet, bersin-bersin) tidak mudah kambuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar