Sukses

Keguguran atau Menstruasi

02 May 2016, 12:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat siang dok saya baru saja melepas kb pda tgl 1januari hingga bulan pertengahan april saya tidak haid saya pikir saya hamil tapi ternyata keluar darah entah itu darah haid atau apa soalnya darah kehitam hitaman dok apakah itu bahaya terus apakah itu darah dari janin yang gugur dok terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda pernah mengecek kehamilan dengan test pack?

Berikut kami jelaskan mengenai keguguran dan menstruasi. Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu yang menyebabkan kematian janin. Keguguran bisa disebabkan oleh:

  1. Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)

  2. Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu

  3. Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyatiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.

  4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.

  5. Kelainan hormonal

  6. Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres

  7. Trauma/cedera pada kehamilan

Gejalanya dapat berupa nyeri pinggang atau perut bawah yang hebat dan terus menerus dan makin sering (seperti nyeri menstruasi), perdarahan dari kemaluan, keluar lendir dari kemaluan, atau keluarnya jaringan dari kemaluan.

Menstruasi

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding ahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Apa perbedaannya?

Memang terkadang wanita cukup sulit membedakan keguguran dengan menstruasi, terutama jika terjadi pada awal kehamilan saat implantasi. Namun yang perlu diingat adalah menstruasi tidak mungkin terjadi pada kehamilan. Jika Anda sedang hamil dan keluar perdarahan, artinya telah terjadi perdarahan di luar menstruasi. Hal tersebut merupakan tanda bahaya dan harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Dalam kasus Anda kali ini, hal utama yang belum dapat dipastikan adalah apakah benar telah terjadi kehamilan atau tidak. Untuk itu, pastikanlah apa Anda mengalami kehamilan dengan menggunakan test pack ataupun periksa ke dokter. Karena bila ternyata positif hamil maka keluar darah kehitaman harus diwaspadai secagai ancaman keguguran/ keguguran.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar