Sukses

Haid menjadi lemas dan berjerawat
01 May 2016, 19:34 WIB
Wanita, 26 tahun.

setiap kali haid saya selalu keleyengan kepala pusing lemes,itu semenjak saya memakai kb iud..trus selalu timbul jerawat batu pdahal udah punya anak 1..bgaimna seharusnya saya ketika haid biar gak leme dan takberjerawat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Masalah Jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan. Biasanya juga saat sedang menstruasi maka hormonal jadi faktor yang paling sering menjadi penyebab jerawat.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kenali jenis kulit dan gunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Produk kosmetik dapat memperparah timbulnya jerawat. Bedak dan dasar bedak dapat menutupi pori-pori, menyumbat pengeluaran sebum dari folikel rambut, dan pembentukan komedo. Sebenarnya tidak ada larangan untuk menggunakan produk kosmetik, asalkan Anda menggunakan produk yang tepat. Namun, saat menggunakan kosmetik Anda juga harus sering mencuci muka (minimal setiap 4 jam/hari). Karena tidak praktis dan kesulitan memilik produk yang baik, maka tidak menggunakan kosmetik memang lebih baik saat pengobatan jerawat.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Sedangkan untuk mengurangi lemas saat haid ada baiknya Anda juga memeriksakan kadar hb atau seldarah merah Anda, kadang kadang hb yang rendah atau juga tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan keluhan yang Anda rasakan. Ada baiknya Anda mengkonsumsi multivitamin dan juga beristirahat yang cukup, serta juga jangan lupa untuk selalu mendapatkan asupan gula secara baik dan tidak berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DR)

Salam sehat, 

0 Komentar

Belum ada komentar