Sukses

Apa Penyebab Nyeri Pinggang Kanan?

29 Apr 2016, 15:29 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok sya sakit nyeri dipinggang sblh kanan belakang,knp ya dok?sya harus berobat kedokter spesialis apa dok?

Halo...

Terima kasih tlah mempercayakan masalah kesehatan Anda kepada Kami. Kami mengerti kekhawatiran yang sedang Anda rasakan sekarang. 

Sejak kapan keluhan tersebut Anda rasakan? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lebih sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri rujuk, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Low back pain (LBP) atau sakit punggung/pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sakit pinggang yang dikeluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto rotgen atau MRI daerah tulang belakang.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar