Sukses

Telat Menstruasi, Pasti Hamil?

28 Apr 2016, 20:59 WIB
Wanita, 21 tahun.

telat mens 3 hari setelah itu keluar flek selama 4hari tapi jarang dan sedikit di sertai nyeri di bagian perut dan sakit saat berhubungan intim.. apa itu pertanda orang hamil?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk itu Anda harus terlebih dulu memastikan dengan testpack. Telat menstruasi juga dapat disebabkan beberapa faktor :

  1. Faktor Hormonal
    Jika mengalami hal tersebut Anda tidak perlu panik. Banyak hal yang dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid pada waktunya. Salah satu contohnya adalah ketidakstabilan hormon. Pada remaja-remaja yang baru mendapat haid, kelenjar di otak yang mengatur keluarnya hormon yang mempengaruhi haid belum stabil, sehingga keluarnya darah haid belum teratur.

  2. Faktor Kegemukan
    Selain itu dapat pula disebabkan oleh kegemukan. Pada wanita gemuk, jumlah lemak dalam tubuhnya akan lebih besar daripada wanita tidak gemuk, dan lemak inilah yang akan digunakan untuk membentuk horrmon reproduksi tersebut.  Sehingga secara tidak langsung kegemukan akan berpengaruh terhadap pola siklus menstruasi.

  3. Faktor Stres
    Stres yang dialami seorang wanita juga dapat menyebabkan tidak keluarnya darah haid. Pada saat seseorang stres, otaknya akan mengirim impuls kimia yang akan menghambat hormon reproduksi tersebut sehingga dapat pula mempengaruhi pola haid Anda.

  4. Kehamilan
    Terlambat haid dapat disebabkan kehamilan. Untuk itu perlu diingat kapan terakhir kali Anda haid dan kapan terakhir kali Anda berhubungan dengan pasangan tanpa menggunakan pengaman.

Semoga membantu

0 Komentar

Belum ada komentar