Sukses

Berhenti KB Suntik, Menstruasi Tidak Teratur

28 Apr 2016, 21:12 WIB
Wanita, 26 tahun.

saya menggunakan KB "suntik 3 bulan" selama 3 tahun, 2 bulan setelah saya berhenti KB, saya haid satu minggu sekali (sekitar 4hr) tepatnya setiap 2hari setelah berhubungan. apakah itu normal? mohon di reply, terimakasih. iin

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon. Bisa saja dalam kasus Anda, menstruasi yang Anda alami merupakan efek hormonal KB suntik. Karena KB suntik memiliki efek 3 bulan dan Anda baru berhenti selama 2 bulan. Menstruasi setiap minggu tentu tidak wajar artinya siklus Anda tidak teratur, hal ini bisa disebabkan pengaruh hormon KB suntik atau masalah lain. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi Anda.

Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar