Sukses

Leukimia Merupakan Penyakit yang Diturunkan?

28 Apr 2016, 11:37 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat Pagi Dokter, Saya mau tanya, saya dulu pernah terkena kanker darah (Leukimia). Apakah nanti pada saat saya mempunyai anak, anak saya juga akan beresiko terkena kanker darah? Terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Sebagai informasi, leukemia atau juga disebut sebagai kanker sel darah putih merupakan kondisi keganasan dimana jumlah sel darah putih bertambah semakin banyak daripada jumlah sel darah merah. Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan leukemia, seperti radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu, hingga faktor genetik.

Leukimia dibagi ke dalam 4 subtipe yaitu :

  • leukemia mielositik kronik
  • leukimia mielositik akut
  • leukemia limfositik kronik
  • leukimia limfositik akut

Sekitar 80% leukimia pada anak-anak adalah jenis Leukimia Limfositik Akut, sedangkan jenis mielositik hanya terjadi sekitar 15 - 20% saja pada anak. Pengobatan yang diberikan bergantung pada subtipe yang didapatkan. Terapi utama pada penderita leukimia adalah kemoterapi. Lebih dari 90% penderita dapat dikendalikan penyakitnya setelah kemoterapi awal.

Sebagian besar penyebab kanker adalah genetik (diturunkan) hanya manifestasi klinis nya tidak selalu sama. Anak dari penderita leukemia memiliki risiko besar terkena kanker juga namun tidak selalu harus leukemia, bisa dalam bentuk jenis kanker yang lainnya. Namun yang perlu diingat bahwa kanker juga bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang memicu kanker.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar