Sukses

Benjolan Pada Payudara Laki-Laki

03 May 2016, 10:14 WIB
Pria, 15 tahun.

dok.. saya kan masih umur 15 tahun.. dan saya laki2.. knp di payudara kanan saya terdapat benjolan ya??? apa itu berbahaya??? dan apa solusinya... terima kasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk mennetukan penyebab benjolan pada payudara yang Anda keluhkan, karena diperlukan pemeriksaan fisik terarah dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis. Namun kami akan menjelaskan sedikit mengenai kanker payudara pada pria.

Meskipun kanker payudara seringkali dikira hanya dapat diderita oleh wanita, namun pria juga dapat mengalaminya walaupun prevalensinya masih jarang. Kanker payudara pada pria paling banyak kasusnya pada pria usia tua, meskipun dapat terjadi pada usia berapapun. Benjolan di payudara juga dapat disebabkan oleh tumor jinak payudara.

Jaringan payudara sendiri terbentuk dari kelenjar-kelenjar yang memproduksi ASI, yang membawa ASI ke puting dan kelenjar lemak. Kelenjar payudara pada wanita berkembang terutama saat pubertas, sedangkan pria tidak. Namun karena pria juga memiliki jaringan payudara, walaupun jumlahnya sedikit, dapat menjadi kanker payudara.

 

Kejadian kanker payudara sangat jarang terjadi pada pria dibawah usia 35 tahun. Faktor risiko terjadinya kanker payudara pada pria antara lain:

  • Riwayat keluarga dekat menderita kanker payudara
  • Riwayat terpapar radiasi di bagian dada
  • Pembesaran payudara (ginekomastia) akibat obat-obatan atau terapi hormon, infeksi
  • Mengkonsumsi estrogen
  • Kelainan genetik seperti sindroma Kinefelter
  • Penyakit hati berat (sirosis)
  • Penyakit testis: mumps orchitis, luka pada testis; undescended testis

Gejalanya sendiri sama seperti gejala kanker payudara pada wanita, dapat berupa benjolan pada payudara. Pada pria gejala kanker payudara sering terlambat terdeteksi, kadang ada yang datang ketika sudah keluar nanah atau darah dari puting susu.

Untuk mengetahuinya apakah ganas atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta pemeriksaan penunjang seperti mammogram dan biopsi. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebab benjolan di payudara Anda sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar