Sukses

Nyeri PMS Dan Ingin Cepat Hamil
27 Apr 2016, 13:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum dok. Dok saya mau tanya pernikahan saya udah berjalan 2th tp saya blm dikasih keturunan knpa ya dok? Dan klo mau dateng haid perut saya suka sakit. Mohon jawabannya ya dok terimakasih.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda. Seorang wanita memang seringkali merasakan berbagai sensasi menjelang (1-2 minggu sebelum menstruasi), selama, atau setelah masa menstruasi, yang biasa disebut dengan sindroma pra-menstruasi. Sensasi yang dirasakan dapat sangat bervariasi baik dalam derajat maupun bentuk keluhannya pada setiap individu. Di antara keluhan-keluhan yang ada, yang paling sering dirasakan adalah keluhan nyeri pada perut bagian bawah. Selain itu, dapat pula ditemukan nyeri payudara, kembung, sakit kepala, hingga perubahan mood.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena berbagai keluhan tersebut merupakan hal yang wajar ditemukan selama beberapa hari di awal masa menstruasi. Untuk meredakan nyerinya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Relaksasi. Cobalah untuk menjadi lebih rileks dengan:

  • memperhatikan kualitas istirahat yang cukup
  • kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat, atau
  • cobalah berendam dengan air hangat dengan menyampurkan minyak aromatik (untuk relaksasi)
  • pijatan, yoga, dsb

2. Melakukan olahraga secara teratur
Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti jogging dan aerobic low impact. Olahraga ini sebaiknya dilakukan secara teratur, terutama saat mendekati masa menstruasi Anda. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah otot sekitar rahim sehingga dapat meredakan nyeri.

3. Siap sedia obat pereda nyeri
Pengobatan yang sering dipakai untuk nyeri menstruasi adalah obat pereda nyeri golongan NSAID, yaitu: ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat, dsb. Obat-obatan ini seringkali lebih efektif jika diminum 2 hari sebelum hingga 2 hari pertama masa menstruasi.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda
Saat menstruasi, beberapa nutrisi penting ikut terbuang bersama darah menstruasi. Tidak ada pantangan khusus yang harus dijalani selama menstruasi. Yang terpenting Anda harus memenuhi nutrisi yang diperlukan. Konsumsilah susu berkalsium tinggi, dan perbanyak asupan zat besi pada saat menstruasi berlangsung. Jika perlu, konsumsilah suplemen vitamin B6 (100 mg/hari) dan Magnesium (400 mg/hari) selama siklus menstruasi untuk menstimulasi produksi hormon dan relaksasi.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat Anda akses untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai sindroma pra-menstruasi:

Topik Kesehatan: Sindroma pra-menstruasi

Indeks Penyakit: Sindroma Premenstruasi (PMS)

Tips Hidup Sehat: Tips Mengatasi Keluhan Menstruasi

 

Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Izinkan kami menjelaskan tentang bagaimana tips mendapatkan momongan.

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dan suami dapat segera dianugerahi buah hati.

Berikut kami sertakan artikel:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Apa Ciri Sperma Sehat?

Kapan Harus Periksa Sperma?

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar