Sukses

Cacar Air, Boleh Mandi Atau Tidak?

03 May 2016, 09:40 WIB
Pria, 31 tahun.

dok kalo kena cacar boleh mandi ga.. ortu saya bilang klo cacar ga boleh mandi

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Cacar air atau Varicella simplex, suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster (silahkan klik link "cacar air" untuk penjelasan lebih detail). Penyakit ini disebarkan secara aerogen atau melalui udara. Pada permulaannya, memang penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Kemerahan pada kulit pada cacar air lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus, maka gejala cacar air dapat muncul 10-21 hari kemudian. Sebagaimana halnya sebuah virus, varicella bisa menyerang siapa saja, namun tidak ada "kewajiban" bahwa seseorang harus terserang varicella di dalam hidupnya, dan tidak ada perbedaan karakteristik antara penderita dewasa dan anak-anak. Jaga kualitas kekebalan tubuh Anda dan rajinlah mencuci tangan agar terhindar dari serangan virus apapun.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi banyaknya lesi kulit. Pemberian antivirus seperti acyclovir dapat diberikan pada tiga hari pertama timbulnya lesi kulit atau jika lesi masih bertambah banyak. Pemberian antigatal atau bedak seperti bedak salisil untuk membuat lesi kulit kering.

Namun untuk mendapatkan obat virus ini diperlukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu oleh dokter.  Biasanya virus cacar air akan infeksius 1-2 hari sebelum munculnya lesi pada kulit dan hilang saat lesi kulit sudah tidak timbul yang baru lagi (lesi kulit sudah berbentuk krusta/sudah tidak mengelembung) biasanya 1 minggu setelah muncul lesi pertama. Jadi biasanya sekitar 1 minggu setelah munculnya lesi kulit pertama kali, Anda sudah tidak infeksius.

Menjaga kebersihan kulit merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder. Mandi sebagai salah satu cara untuk menjaga kebersihan kulit memang banyak diperdebatkan. Pasalnya adalah gosokan ketika mandi akan membuat vesikel atau gelembung memecah sehingga memudahkan terjadinya infeksi sekunder.  Mandi sebaiknya dilakukan, kemudian untuk lesi yang belum pecah diberi bedak untuk menghindari agar tidak memecah, apabila sudah memecah untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder bisa diberi salep antibiotik. Untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi makaan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar