Sukses

Benjolan merah di dalam hidung

27 Apr 2016, 15:47 WIB
Wanita, 50 tahun.

Dok saya mau tanya, di dalam hidungku itu ada benjolan merah, lumayan besar sih, benjolannya hampir penuh lubang hidung bagian dalam, apakah itu polip hidung dok? Jika iya, bagaimana cara mengobati nya? terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Polip nasi atau polip hidung adalah kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan.

Selain polip, kelainan lain yang mungkin terjadi adalah hipertrofi konka. Proses infeksi dan iritasi yang kronis akan dapat menyebabkan hipertrofi konka nasalis. Gejala utama rinitis hipertrofi adalah hidung tersumbat.

Keadaan ini memerlukan tindakan koreksi karena pengobatan dengan medikamentosa saja sering tidak memberi hasil yang memuaskan. Tindakan yang paling ringan seperti kauter sampai pemakaian laser dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan hidung tersumbat akibat hipertrofi konka.

Namun mengenai hal ini harus dilakukan konsultasi lagi dengan dokter spesialis THT karena kami tidak melakukan pemeriksaan fisik Anda jadi kami tidak bisa melihat kondisi THT Anda. 

Semoga memberikan manfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar