Sukses

Nyeri dada pada perokok

27 Apr 2016, 15:41 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok, beberapa hari ini dada kanan saya sakit. Sakitnya dari lengan merambat ke punggung dan leher bagian kanan. Beberapa bulan sebelumnya dada kiri saya sakit seperti itu juga, tapi sekarang sudah tidak lagi. Apakah sakit dada ini ada kaitannya dengan kebiasaan saya merokok? Saya memang perokok, Dok. Sehari bisa sampai tiga bungkus. Kira-kira apa masalahnya, Dok? Dan saya harus ke memeriksakan ke dokter apa? Terima kasih sebelumnya, Dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah memilih kami untuk berkonsultasi,

Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. 

Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Merokok merupakan salah satu faktor risiko timbulnya penyakit jantung koroner.

Derajat berat ringan merokok dinilai dengan Indeks Brinkman (IB), yaitu perkalian jumlah rata-rata batang rokok dihisap sehari dikalikan lama merokok dalam tahun. Penggolongannya berdasarkan Indeks Brinkman tersebut dibagi menjadi

(1) Ringan : 1 – 50

(2) Sedang : 51 – 100

(3) Berat : > 100

Pada penelitian Sobti, dkk dikatakan bahwa orang dengan index Brinkman berat memiliki resiko tinggi terkena kanker paru. Keluhan Anda memerlukan pemeriksaan dan wawancara lebih lanjut untuk menentukan diagnosis. Terlebih karena Anda memiliki riwayat merokok, kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

 

Semoga bermanfaat ya, 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar