Sukses

Bentol-bentol malam hari

27 Apr 2016, 15:20 WIB
Pria, 23 tahun.

kenapa dok setiap malam dan pagi kulit saya bentol2 merah dan gatal di bagian tertentu seperti perut, paha, dan punggung?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Bentol-bentol pada kulit yang langsung menghilang dapat merupakan biduran (urtikaria). Kemungkinan yang Anda alami dapat dicetuskan oleh cuaca yang dingin namun belum pasti dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu saya sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal. 

Untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan penyebab alergi pada Anda, perlu dilakukan tes alergi yang disebut juga skin prick test atau patch test. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Memang sulit bila ternyata pencetus berupa hawa dingin, karena tindakan yang dapat dilakukan hanya  dengan menghindarinya atau paling tidak membuat badan menjadi lebih hangat dengan memakai baju lebih tebal. 

Namun jika urtikaria tiba-tiba timbul, Anda dapat meredakannya dengan meminum obat golongan antihistamin.  Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Bila keluhan tidak membaik segera ke dokter untuk tata laksana selanjutnya. Namun, lebih baik anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapat pengobatan ini.

Semoga bermanfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar