Sukses

Kulit belang sehabis berenang
27 Apr 2016, 15:24 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dan bopeng pada muka? dan kenapa kalau setiap berenang pasti kuling saya langsung gelap bisa di katakan belang. Mohon solusinya. Terimakasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Kulit yang menghitam karena sinar matahari dapat berubah ke warna aslinya dan menjadi lebih putih, namun memerlukan waktu. Perubahan warna pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal : 

  • Pertumbuhan rambut gelap yang terjadi dibawah kulit yang membuat kesan kulit menjadi semakin gelap

  • Sel kulit mati yang bertumpuk di bawah kulit

  • Kulit yang lebih sensitif sehingga mudah terjadi iritasi, kulit yang teriritasi ini akan memproduksi hormon melanin yang lebih banyak sehingga dapat terjadi perubahan warna kulit

Memang untuk merubah warna kulit kehitaman dengan cepat, Anda dapat konsultasi ke dokter kulit untuk mendapat terapi yang sesuai, bila kulit asli Anda pada dasarnya berwarna putih, maka jika Anda menghindari paparan sinar matahari maka kulit yang menghitam akan kembali ke warna kulit semula.

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Semoga bermanfaat ya,

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar