Sukses

Ingin hamil dan kegemukan
28 Apr 2016, 12:33 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter saya bru menikah dan pgn bgt langsung hamil.tapi saya takut dg kondisi saya yg gemuk.pdhl saya sudah cb unt diet tp gagal.apakah dg kondisi bdn saya yg gemuk ini saya bisa hamil tanpa kendala??dan apakah jika saya hamil,kehamilan saya akan baik2 saja jika kondisi saya masih gemuk??mohon jawaban dan saran2 untuk saya ya dokter.. Terima kasih dokter

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan kami untuk berkonsultasi, 

Sebelumnya apakah Anda pernah memeriksakan indeks massa tubuh Anda (IMT)? Berapakah IMT anda?Memang, para wanita dengan IMT di sekitar 30kg/m2 terancam untuk mengalami gangguan kesuburan dan kesulitan untuk hamil.

Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Selain itu, kegemukan pada wanita juga menenggarai pada masalah proses pembuahan. Berikut penjelasannya:

Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi juga ternyata menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.Pada penelitian lebih lanjut juga ditemukan bahwa pada wanita yang mengalami obesitas akan memiliki resiko keguguran dalam kehamilan. Pada penelitian yang meneliti sel telur wanita yang kegemukan ditemukan bahwa sel telur yang diproduksi oleh wanita yang kegemukan juga cenderung tidak normal. Susunan kromosom (pembawa pesan genetik) dalam sel-sel telur wanita yang kegemukan ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan. 

Dalam perencanaan kehamilan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah :

  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Namun walaupun demikian, kehamilan tetap merupakan rahasia Tuhan. Sehingga, tetaplah berusaha dengan mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur yaitu sekitar 30 menit dalam satu kali olahraga sekitar 2-3 kali seminggu. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kesuburan. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar