Sukses

Meningkatkan Berat Badan Saat Hamil
25 Apr 2016, 14:58 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat siang.sy sdg hamil anak pertama 12w 5d berat saya belum kunjung naik padahal sdh makan 3xsehari. Yg ingin saya tanyakan..cemilan atau konsumsi tambahan apa sekiranya untuk bisa menaikkan bobot saya? Untuk susu hamil kategori apa bisa saya minum (diusia kehamilan skg) nb: berat bayi 61gr mohon dibantu jawabnya dok..trimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com.

Pertama - tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Menurut Institute of Medicines (IOM) Amerika Serikat, anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil.

  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kg
  • Apabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7-11.5 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan sangat berlebih (IMT >30 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.

Peningkatan berat badan yang berlebihan selama kehamilan, alih-alih untuk menyejahterakan janin yang dikandung, yang terjadi malah sebaliknya. Peningkatan berat badan berlebihan selama hamil akan dapat menyebabkan kejang, gula darah rendah, sindrom aspirasi mekonium (kerusakan paru-paru akibat bayi menelan kotorannya sendiri ketika masih di dalam kandungan), dan nilai APGAR (suatu nilai yang ditentukan untuk melihat kesejahteraan bayi baru lahir) yang rendah pada bayi baru lahir.

Pada saat ini Ibu sebaiknya memilih makanan yang bergizi seperti sayuran, gandum, dan ikan. Nutrisi yang baik sangat berpengaruh di dalam perkembangan otak dan tubuh janin. Mungkin yang menyebabkan kenaikan berat badan tidak terlalu banyak adalah karena nafsu makan ibu yang berkurang.

Sampai saat ini belum ada penelitian dengan bukti-bukti berbasis medis yang menerangkan bahwa susu hamil dapat menjadikan seseorang menjadi gemuk.

Karena di dalam susu hamil terdapat kandungan asam folat, AA dan DHA, (fortifikasi) ekstra kalsium, vitamin C, B6, B1, yodium, dan kadar lemak serta kolesterolnya justru dikurangi. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Istirahat yang cukup 

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar