Sukses

Perut Kembung, Sering Bersendawa saat Hamil
25 Apr 2016, 09:25 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok dari awal kehamilan sampai skg sudah 16 minggu saya sering sekali bersendawa disertai perut kayak full isi n rasanya kyak sesak gitu n mulut pahit banget n sering pusing.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah sebelumnya Anda memiliki riwayat sering merasakan gejala akibat peningkatan asam lambung (sering disebut sebagai maag), seperti nyeri ulu hati, kembung, sering bersendawa? Bila Ya, gejala-gejala peningkatan asam lambung cenderung mengalami perburukan selama kehamilan, terutama bila fakotr-faktor pemicunya tidak dijaga. Selain itu, apakah Anda sering mengonsumsi makanan yang bersifat asam dan pedas? Kedua jenis makanan ini dapat memperburuk rasa kembung, mudah bersendawa, hingga nyeri ulu hati. Bila memang Anda mengingat adanya kaitan antara perut kembung, dan sering bersendawa dengan jenis makanan asam/ pedas yang Anda makan, maka sebaiknya Anda menghindari kedua jenis makanan tersebut.

Pada wanita hamil sakit maag dapat dipengaruhi oleh hormon-hormon yang terjadi selama kehamilan. Misalnya seperti hormon esterogen yang dapat membangun lapisan dinding rahim  sehingga memberikan dampak mual pada saat kehamilan terjadi. Lalu, hormon pregesteron yang dapat mengakibatkan terjadinya relaksasi pada pencernaan sehingga melambatnya pengosongongan lambung dan kerja usus. Pengosongan lambung yang lebih lambat juga akan menyebabkan rasa kembung.

Hormon progesteron juga menyebabkan penumpukan gas pada saluran pencernaan yang dapat memberikan ketidaknyamanan pada wanita hamil. Hormon  lainnya adalah Human Chorionic Gondadotropin atau HCG yang menghasilkan estrogen dan dapat menimbulkan rasa mual pada wanita hamil.

Sedangkan keluhan pusing dapat bermakna banyak. Terdapat beberapa tipe nyeri kepala dengan penyebab yang bervariasi. Tipe nyeri kepala yang paling sering ditemukan adalah tipe tension, di mana nyeri kepala umumnya terjadi di daerah temporal dan dapat menjalar ke daerah dahi atau belakang kepala.Keadaan ini juga seringkali disebut sebagai nyeri kepala kontraksi otot. Pada wanita yang sedang hamil, umum ditemukan pusing. Pada trimester pertama, peningkatan kadar hormon dan aliran darah dapat menjadi penyebabnya. Penyebab pusing yang lain antara lain dehidrasi, tekanan darah rendah, stres, dll.

Idealnya perlu dilakukan penilaian langsung terhadap keluhan yang Anda rasakan, termasuk pemeriksaan dan wawancara langsung dengan teliti. Dengan begitu, dapat dihindarkan kemungkinan penyakit-penyakit yang berat yang dapat mengganggu Anda dan janin. Sementara, yang dapat kami sarankan adalah Anda harus beristirahat dengan cukup, menghindari berdiri lama/ beraktivitas berat, mencukupkan kebutuhan cairan, menghindari stres, serta menghindari makan makanan yang asam maupun pedas. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar