Sukses

Nyeri Perut Kanan Post Operasi Usus Buntu

22 Apr 2016, 09:30 WIB
Pria, 25 tahun.

dok sudah 5 hari ini perut kanan saya sakit sekali n demam, lemas, bibir kering pecah2, pusing, buat aktifitas sakit, buat duduk aja gk nyaman skali, kemudian 2 hari ini ktika bab kluar darah merah kehitaman di awal bab n sembelit, kdg cuman kluar darah tok, sya jg pnya wasir, 1 feb 2016 kmrn jg hbis oprasi usus buntu, ada apa ya dg sya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Nyeri perut kanan bawah banyak penyebabnya. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Namun mengingat Anda sudah operasi, maka appendicitis bukan lagi penyebabnya. Apakah Anda sudah kontrol ke dokter untuk menilai luka bekas operasinya? Apakah ada keluhan nyeri buang air kecil? Nyeri perut bagian bawah bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan laboratorium untuk menentukan diagnosis penyakit Anda.

BAB berdarah yang Anda alami kemungkinan besar disebabkan oleh wasir/hemorrhoid. 

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Gejala-gejala wasir diantaranya:

1.    Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil

2.    Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus

3.    Ada benjolan di anus saat BAB

4.    Rasa gatal di sekeliling anus

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan wasir, diataranya adalah:

1.    Faktor genetik

2.    Sembelit atau diare

3.    Hipertensi

4.    Obesitas

5.    Kehamilan

6.    Kurang makanan tinggi serat

7.    Kurang minum air putih

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar