Sukses

Menjadi bersemangat kembali

20 Apr 2016, 12:28 WIB
Pria, 20 tahun.

dok, bagaimana tips untuk menghilangkan rasa malas dan meningkatkan etos kerja ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah memilih berkonsultasi dengan kami,

Bekerja atau bersekolah setiap hari dengan rutinitas yang hampir sama secara terus menerus akan menyebabkan tubuh lama kelamaan merasa stres dan kehilangan semangat. Beberapa cara berikut dapat digunakan untuk menurunkan kondisi tersebut yaitu :

  1. Melihat Cahaya. Mendapat cahaya akan membuat anda mendapat banyak energi. Tapi ini mungkin tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang seharian harus duduk dalam kantor. Sempatkan anda berjalan kaki di bawah matahari selama 30 menit sebelum anda beraktivitas.

  2. Makan protein. Protein mampu meningkatkan tingkat kewaspadaan mental dan energi seseorang. Protein mengandung tirosine, satu jenis asam amino yang meningkatkan kerja kimia otak yakni dopamin dan norepinfrin. Ketika anda merasa terisi penuh, anda tidak akan berlebihan mengonsumi roti, dan makanan manis-manis yang justru akan membuat kondisi tubuh anda cepat naik tapi cepat pula turun.

  3. Ulurkan tangan. Ketika anda giat membantu, akan meningkatkan endorfin yang bertahan hingga berjam-jam. Endorfin merupakan hormon terkait dengan perasaan bahagia.

  4. Tarik Nafas Panjang. Jangan malas bergerak dan berolahrgalah. 

  5. Ambil cuti dari teknologi sesaat. Menjadi terikat dengan piranti elektronik menjadikan kita selalu dalam kondisi "siap". Jangan salah bila adrenalin langsung naik hanya dengan mendengar dering telepon genggam berbunyi. Sejalan waktu, hidup dengan adrenalin cepat naik turun akan sangat melelahkan.  Ambil waktu paling tidak satu jam sehari, jauhkan diri anda dari teknologi komunikasi. 

  6. Berdiam diri sesaat. Ambil jarak dengan situasi tersebut dan berdiam diri sesaat. Memejamkan mata akan sangat membantu. Tarik nafas perlahan dengan tenang hingga detak nadi dan jantung anda memelan. Semakin anda terlatih menjaga fokus, anda semakin mudah menenangkan diri kapan pun dan dimanapun ketika anda membutuhkan penyegaran.

  7.  Miliki tidur sehat. Bentuk kondisi yang akan membantu anda menciptakan atmosfir "istirahat" sehingga anda akan tidur nyenyak dan terbangun dengan segar, tanpa perlu bantuan obat tidur.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar