Sukses

Rangsangan persalinan

20 Apr 2016, 10:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok,saya mau tanya, bagaimana jika usia kandungan telah melebihi 9bulan namun belum terasa kontraksi atau sakit pinggang, tanda2 kelahiran belum muncul, janin pun masih aktif bergerak2. apa yang sebaiknya saya lakukan

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi dengan kami,

Dalam dunia medis, kami menghitung usia kehamilan berdasarkan minggu bukan dengan bulan. Asumsi kami bahwa apabila Anda telah memasuki usia 9 bulan apakah benar setara dengan 36 minggu usia kehamilan ataukah sudah 40 minggu? Kehamilan dianggap matur atau matang setelah usia kehamilan 37 minggu. 

Tanggal perkiraan kelahiran memang dapat bergeser antara 1-2 minggu dan hal ini tidak bergantung pada luasnya panggul. Apabila kondisi janin dalam keadaan sehat, maka proses kelahiran dapat ditunggu hingga usia kehamilan 42 minggu. Sedangkan anjuran untuk melahirkan sesegera mungkin baru dipertimbangkan berdasarkan beberapa indikasi, antara lain adalah kehamilan lewat waktu, kencing manis, gangguan pertumbuhan janin, kematian janin dalam kehamilan,  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, pecahnya selaput ketuban dini, dsb.

Namun apabila tanda-tanda persalinan tetap tidak dirasakan setelah usia kehamilan 42 minggu (rata-rata 40 minggu), maka induksi akan dilakukan. Apabila induksi tidak berhasil maka akan dilakukan operasi sesar. Terdapat beberapa upaya yang dapat merangsang terjadinya persalinan, seperti memperbanyak jalan (ex: jalan pagi), melakukan hubungan seksual, dan rangsangan puting susu untuk merangsang terjadinya tanda persalinan. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar