Sukses

Anak Alergi Susu Sapi dan Soya
19 Apr 2016, 13:56 WIB
Wanita, 8 tahun.

anak saya sudah 4 kali ganti susu soya tp kenapa masih alergi, berat badan nya pun sulit naik,mohon bantuannyan ya dok,trimaksih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati secara sempurna merupakan doa setiap orangtua. Apabila tejadi gangguan ataupun permasalahan tertentu, tentu akan menimbulkan keresahan tersendiri.

Sebelumnya, berapa usia si Kecil saat ini? Dia atas usia 1 tahun, sebenarnya asalkan pola makannya baik, nutrisi dari susu dapat si Kecil dapatkan dari makanannya, misalnya kalsium dan fosfor dari ikan, brokoli dan pisang. Jadi konsumsi susu bukanlah menjadi hal mutlak lagi. Seperti yang dialami si Kecil, pada anak dengan alergi susu sapi memang bisa terjadi pula reaksi silang dengan bahan makanan lainnya, misalnya soya (kedelai), telur, ikan laut dan kacang tanah. Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), 10-30% bayi yang alergi terhadap protein susu sapi juga alergi terhadap soya. Idealnya bila bayi karena kondisi tertentu sudah mendapat susu pengganti ASI, maka susu penggantinya adalah susu yang sebagian besar rantai proteinnya sudah dihidrolisis (dipecah) menjadi rantai pendek (susu PHP). Rasa dari susu ini memang relatif lebih hambar dan cenderung pahit, jadi tidak semua bayi menyukainya. Selain itu, karena menggunakan metode yang khusus, harga susu jenis ini relatif mahal dibanding susu pada umumnya. Apabila kedua hal tersebut tidak menjadi masalah, Anda dapat mencoba memberikan kepada si Kecil. Akantetapi bila ditemui kendala, maka  Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter spesialis anak guna mencari solusi yang terbaik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga si Kecil selalu sehat dan makin cerdas ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar